Anda Mengalami Anemia???coba 7 cara Alami ini untuk mengatasinya

cara mengatasi anemia

Ada kalanya, dalam kehidupan sehari- hari. Kita bisa terasa mudah letih, kerja kurang konsentrasi bahkan sering merasa ngantuk. Apakah ini merupakan gejala kurang tidur? Diabetes? Atau Hepatitis? Memang kalau sekilas kita mengetahui, gejala penyakit Diabetes dan Hepatitis mempunyai kesamaan, yaitu mudah terasa letih dan bahkan merasa ngantuk.

Akan tetapi, ada satu penyakit yang harus kita ketahui, gejalanya hampir sama yaitu Penyakit Anemia. Apa itu penyakit Anemia? Penyakit Anemia ialah kekurangan sel darah merah pada tubuh kita, yang sering disebut kekurangan hemoglobin serta terjadinya nggangguan sistem peredaran darah di dalam tubuh kita. Hemoglobin adalah suatu senyawa protein pembawa oksigen di dalam sel darah merah. Hemoglobin yang yang terkandung di dalam sel darah merah berperan dalam mengangkut oksigen dari paru- paru dan mengantarnya ke seluruh bagian tubuh kita.

Bagaimana dinyatakan bahwa seorang pria atau wanita terdiagnosa penyakit Anemia? Bagi pria, jika Hemoglobin (Hb) kurang dari 13,5 G/DL dan Hematrokit kurang dari 41%, sedangkan bagi wanita, jika Hemoglobin (Hb) kurang dari 11,5 G/DL dan Hematrokit kurang dari 36%. Sel darah merah diproduksi di sumsum tulang, yang membutuhkan zat gizi dari makanan, termasuk zat besi (mineral) dan vitamin, terutama Vitamin B2 dan B12.

Tanda dan Gejala Anemiacara mengatasi anemia-gejala anemia

Bagaimana tanda dan gejala yang dialami oleh seorang penderita penyakit Anemia? Berikut ini akan diuraikan bagaimana tanda dan gejala penderita penyakit Anemia:

  • Kulit wajah dan bagian dalam kelopak mata terlihat pucat.
    Biasanya penderita penyakit Anemia kulit wajah terlihat pucat dan terlihat kekuningan. Pada bagian bawah dalam kelopak mata terlihat pucat. Makanya, ini butuh penanganan secara dini.
  • Ujung jari pucat.
    Pemeriksaan ini bisa dengan cara menekan ujung jari. Normalnya jika ujung jari ditekan, maka warna ujung jari kita akan berubah menjadi warna merah. Tetapi, penderita penyakit Anemia ujung jarinya berwarna putih atau pucat.
  • Sering merasa cepat lelah.
    Penderita penyakit Anemia sering merasa cepat lelah. Akibat dari oksidasi dalam tubuh berkurang, disebabkan oleh jumlah sel darah merah yang rendah. Okisdasi berpengaruh pada energi tubuh yang dihasilkan dan digunakan untuk melakukan aktivitas.
  • Sakit kepala.
    Karena kekurangan sel darah merah, menyebabkan kekurangan oksigen pada otak. Sehingga penderita penyakit Anemia sering mengalami sakit kepala dan merasa pusing.
  • Mengalami denyutan jantung yang tidak teratur (Palpitasi).
    Karena jumlah sel darah merah yang rendah dan kekurangan oksigen dalam tubuh. Sehingga menyebabkan denyutan jantung menjadi tidak teratur dan cepat biasanya.
  • Sesak nafas.
    Penderita penyakit Anemia sering mengalami sesak nafas dan merasa terengah- engah ketika melakukan aktivitas. Hal ini disebabkan kekurangan oksigen di dalam tubuh.
  • Merasa Mual.
    Salah satu gejala yang dirasakan oleh penderita penyakit Anemia yaitu mual ketika waktu bangun pagi hari, yang disebut dengan istilah “Morning Sickness”.
  • Kekebalan tubuh menurun.
    Penderita penyakit Anemia, sistem kekebalan tubuh menurun dan mudah terserang oleh penyakit lainnya. Jadi untuk penderita penyakit Anemia, lebih harus menjaga kesehatannya.

Itulah beberapa tanda dan gejala yang dialami oleh orang yang menderita penyakit Anemia. Jika mengalami tanda dan gejala di atas, sebaiknya ditangani secara dini.

Faktor Penyebab Anemia

Berikut ini, akan diuraikan faktor- faktor yang menyebabkan orang menderita penyakit Anemia:

  • Kekurangan zat besi.
  • Kekurangan vitamin B2 dan B12.
  • Kekurangan asam folat.
  • Pendarahan yang berlebihan.
  • Pendarahan pada usus.
  • Faktor keturunan.
  • Tumor pada saluran kemih atau ginjal.
  • Gangguan pada sumsum tulang, dan Penyakit Kronis lainnya: HIV/ AIDS, gagal ginjal dan kanker.

Cara Mengatasi Anemia (Kurang Darah)

Setelah mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan penyakit Anemia. Bagaimana solusi terbaik untuk mengatasinya secara alami? Cara mengatasi penyakit Anemia secara alami, sebagai berikut:

1. Telur.
Telur merupakan makanan yang kaya akan protein dan bagus untuk kesehatan tubuh kita dalam pembentukan sel darah merah. Terlebih lagi, mengkonsumsi telur ayam kampung yang asli.

2. Daging.
Mengkonsumsi daging, sangat bagus untuk mengatasi penyakit Anemia. Karena daging juga mengandung protein hewani yang tinggi, yang dibutuhkan oleh tubuh kita dalam pertumbuhan dan mengatasi sel darah merah yang rusak.

3. Hati Ayam.
Hati ayam, sangat baik untuk mengatasi penyakit anemia. Karena hati ayam, mengandung karbohidrat rendah dan protein yang tinggi , hati ayam juga mengandung zat besi dan B12 yang bisa memberi energi bagi tubuh.

4. Sayuran Hijau.
Sayuran hijau, seperti: Bayam, seledri, kangkung dan kembang kol. Sayar hijau memiliki mineral dan vitamin yang cukup tinggi, yang dibutuhkan oleh tubuh.

5. Buah- buahan.
Konsumsi buah- buahan yang kaya akan vitamin dan zat besi sangat membantu bagi penderita penyakit Anemia, seperti: Buah apel, semangka, anggur, plum dan lainnya.

6. Kacang- Kacangan.
Dalam hal mengkonsumsi kacang- kacangan, salah satu kacang yang sangat bergizi, kaya vitamin E, kalsium, magnesium, selenium, tembaga dan niacin yaitu Almond.
Kacang ini, sangat bagus untuk mengatasi penderita penyakit Anemia.

7. Umbi- Umbian.
Umbi- umbian juga bermanfaat mencegah dan mengatasi penyakit Anemia. Umbi- umbian mengandung karbohidrat yang tinggi, vitamin serta asam folat, yang sangat bagus buat penderita penyakit Anemia.

Itulah beberapa cara mengatasi penyakit Anemia secara alami yang bisa anda praktekkan di rumh. Mencegah lebih baik dari pada mengobatinya. Maka dari itu dalam kehidupan sehari- hari kita harus menjaga pola makan yang sehat.

Sumber

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *