Jika Gunung Agung Meletus perhatikan 6 penyakit akibat gunung meletus beserta pencegahanya

Aktivitas Gunung Agung, Bali yang memasuki masa kritis dan akan diprediksikan akan segera meletus

Bali “Potensi meletus besar dan belum ada tanda menurun,” kata Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Kasbani, di Pos Pengamatan Gunung Agung, Desa Rendang, Karangasem, Senin (25/9/2017).

Gunung Agung, kata Kasbani, dapat dipastikan akan meletus jika telah muncul gempa tremor yaitu gempa permukaan berskala kecil yang terjadi secara terus-menerus, seperti dilansir oleh tribunnews.com

Untuk berjaga-jaga agar disaat terjadinya letusan Gunung Agung sebaiknya perlu diperhatikan 6 jenis penyakit yang sering terjadi pasca letusan gunung berapi. Dalam Artikel di republika.com, keenam penyakit tersebut antara lain :

  1. Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA)
  2. Infeksi Saluran Pernafasan Bawah (pneumonia dan bronkhitis)
  3. Alergi, radang atau iritasi pada mata
  4. Alergi, infeksi atau iritasi pada kulit
  5. Gangguan saluran pencernaan dan
  6. Perburukan dari penyakit kronik baik karena daya tahan tubuh yang turun maupun stress atau lalai makan obat.Untuk itu perlu dilakukan pencegahan. Menurut Tjandra, ada tujuh langkah pencegahan yang perlu diketahui masyarakat yakni menghindari keluar rumah bila tidak memiliki keperluan, bila terpaksa keluar rumah, menggunakan pelindung seperti helm dan masker, menutup sarana air atau sumur gali terbuka dan penampungan air yang terbuka agar tidak terkena debu dan Mencuci dengan bersih semua makanan, buah, sayur.

    Selain itu, segera cari pengobatan ke sarana pelayanan kesehatan bila terdapat keluhan kesehatan seperti batuk, sesak nafas, iritasi pada mata dan kulit, bagi masyarakat yang memiliki penyakit kronik, pastikan obat rutin harus selalu  dikonsumsi serta selalu lakukan perilaku hidup bersih dan sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *