Program Megister Keperawatan Univ. Brawijaya Malang

Visi

Menjadi Institusi Pendidikan Pascasarjana Keperawatan yang memfokuskan pada kegawatdaruratan, terkemuka dan bertaraf internasional di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian dan pelayanan masyarakat.

Misi

  1. Melaksanakan proses pembelajaran dalam upaya menyiapkan peserta didik yang kompeten dan mampu bersaing di tingkat Nasional dan Internasional.
  2. Melaksanakan penelitian untuk pengembangan ilmu keperawatan yang peka budaya untuk merespon kebutuhan masyarakat di tingkat Nasional dan Internasional.
  3. Melaksanakan  pengabdian dan pelayanan masyarakat yang didasarkan pada hasil penelitian.
  4. Memfokuskan pendidikan pada bidang kegawatdaruratan dalam seluruh aspek keperawatan

 

Pendahuluan

Tuntutan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang profesional meningkat dari tahun ke tahun. Pelayanan kesehatan termasuk pelayanan keperawatan yang profesional merupakan salah satu langkah penting pemerintah untuk mewujudkan Millenium Development Goals tahun 2015. Upaya yang dapat dilakukan oleh Perawat adalah dengan memelihara dan meningkatkan kompetensi di bidang keperawatan melalui belajar terus menerus.

Institusi Pendidikan Pasca Sarjana Keperawatan saat ini masih sedikit dan masih belum memenuhi rasio antara kebutuhan dengan ketersediaan lulusan Pascasarjana Keperawatan di Institusi Pendidikan Ners dan Pelayanan Kesehatan. Saat ini masih banyak dosen yang mempunyai latar belakang pendidikan yang setara dengan calon lulusan mahasiswa yang akan diluluskannya.

Pada tahun akademik 2015/2016  ini, PS Magister Keperawatan FKUB membuka Peminatan Keperawatan Gawat Darurat dan Keperawatan Jiwa. Keperawatan Gawat Darurat merupakan cabang ilmu keperawatan yang harus terus dikembangkan. Hal ini disebabkan karena angka kejadian gawat darurat baik trauma maupun non trauma, semakin hari semakin meningkat. Ditambah lagi tingginya resiko terjadi bencana di Indonesia. Tidak jarang, kondisi non trauma, seperti Diabetes Mellitus dan Hipertensi, juga menimbulkan kondisi gawat darurat.

Peminatan Keperawatan Jiwa ini merupakan program peminatan kedua yang dibuka di FKUB. Peminatan Keperawatan Jiwa dibuka mengingat angka gangguan jiwa di Indonesia masih sangat tinggi. Ditambah lagi masalah psikososial yang angkanya mencapai hampir 12% dari masyarakat Indonesia.

Dengan berdirinya Program Studi Magister Keperawatan Peminatan Keperawatan Gawat Darurat dan Peminatan Keperawatan Jiwa di FKUB diharapkan dapat menjawab semua tantangan di atas.

 

Dasar Penyelenggaraan Program Pendidikan

SK Mandat Dikti No. 716/E/T/2011

SK Rektor Universitas Brawijaya No. 051/SK/2011

SK Mendikbud No. 390/E/O/2012

Gelar dan Profil Lulusan

Setelah menjalani proses pendidikan, peserta didik akan mendapat gelar Magister Keperawatan (M.Kep.) dan dapat bekerja sebagai:

  1. Pendidik pada institusi pendidikan tinggi keperawatan yang mampu mengembangkan ilmu Keperawatan
  2. Praktisi Keperawatan yang professional melaksanakan dan memutakhirkan pelayanan Keperawatan
  3. Peneliti yang mampu menggali dan mengembangkan ilmu Keperawatan
  4. Manajer pada institusi pelayanan keperawatan di rumah sakit

Mendaftar Program Megister Keperawatan Univ. Brawijaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *