Pembuatan kartu NIRA dan KTA PPNI 2017

Nomor induk registrasi perawat atau biasa disebut dengan NIRA merupakan suatu tanda registrasi seorang perawat yang sudah resmi menjadi anggota PPNI, sedangkan PPNI itu sendiri adalah sebuah organisasi profesi yang menjadi pelindung bagi seorang perawat dalam kegiatannya memberikan praktik asuhan keperawatan dan merupakan organisasi resmi yang telah diakui oleh pemerintah dan memiliki payung hukum yang jelas.
didalam dunia perawat, seseorang yang baru lulus sekolah perawat dan memiliki ijazah sudah bisa dikatakan sebagai perawat namun dia belum bisa atau tidak diperbolehkan melakukan praktik asuhan keperawatan baik mandiri maupun dalam sebuah instansi sebelum dia memiliki NIRA dan STR.
seperti yang telah dijelaskan diatas, jika seorang perawat tidak memiliki NIRA maka dia belum menjadi anggota PPNI dan yang terpenting kalau dia belum memiliki NIRA segala hal yang berhubungan dengan profesinya sebagai perawat akan sulit dilakukan dan tidak akan terfasilitasi oleh PPNI.
berikut kami jelaskan beberapa manfaat NIRA untuk perawat :
  1. NIRA dibutuhkan untuk keperluan seorang perawat dalam memperpanjang STR
  2. NIRA dibutuhkan untuk pengurusan SIKP atau SIPP
  3. NIRA juga dibutuhkan untuk pemrosesan SKP dari PPNI
  4. NIRA juga dibutuhkan untuk mendapatkan advokasi PPNI yang dapat membackup atau membantu permasalahan seorang perawat yang didapat dalam melakukan tindakan atau praktik asuhan keperawatan.
nah setelah kita membaca uraian manfaat NIRA diatas, jangan abaikan prosedur yang telah ditetapkan untuk kenyamanan kerja kita sebagai perawat. karena profesi sebagai perawat itu memeiliki banyak sekali resiko. NIRA itu sangat penting untuk kita sebagai perawat, jadi bagi teman – teman yang belum memiliki NIRA segeralah untuk mendaftar NIRA melalui via online dan mengurus NIRA anda ke sekretariat PPNI terdekat. berikut kami jelaskan cara mengurus NIRA dan Membuat atau mencetak KTA PPNI.
sebelum melakukan pendaftaran sediakan
  1. KTP
  2. Ijazah
  3. STR
setelah itu lanjut untuk pendaftaran via online dengan cara :
  • isi formulir yang ada dengan benar
  • pastikan kembali data benar
  • klik simpan.
setelah selesai melakukan pendaftaran via online
  • hubungi pengurus PPNI komisariat terdekat untuk melaporkan telah melakukan pendaftaran online dan menyerahkan data dalam bentuk softcopy
  • lakukan pembayaran iuran sesuai AD/ART PPNI Munas Palembang bahwa iuran anggota PPNI sebesar Rp.200.000/orang/tahun dan uang pangkal bagi anggota baru sebesar Rp100.000 (sekali dibayarkan) dan Rp60.000/orang /tahun untuk iuran ICN (international council of nurse). total yang harus dibayarkan bagi anggota baru sebesar Rp360.000.
  • setelah itu menunggu NIRA yang diterbitkan oleh DPP PPNI. jika NIRA telah terbit berarti anda telah resmi terdaftar sebagai anggota PPNI.
nah setalh mendapatkan NIRA sebagai bukti keanggotaan PPNI maka perlu pembuatan KTA PPNI
berikut syarat membuat KTA PPNI
  1. Fhoto berwarna menggunakan seragam batik PPNI dengan background merah (dalam bentuk soft file)
  2. menyerahkan data dalam bentuk softcopy
  3. mebayar biaya pembuatan sebesar Rp.15.000
Sekian artikel tentang pembuatan kartu NIRA dan KTA PPNI, Semoga Bermanfaat

 

 

 

2 Balasan untuk “Pembuatan kartu NIRA dan KTA PPNI 2017”

  1. Assalamualaikum, saya mau bertanya apakah pembuatan nira bisa menggunakan surat proses str sedang dlm proses dr mtki/mtkp? Krn str saya sedang di proses dan blm jadi. Dan apakah surat proses str sedang dlm proses itu harus di legalisir dahulu atau bagaimana ? Terimakasih

    1. waalaikumsalam, maaf apakah mba tri utami pembuatan str pertama kali atau sedang memperpanjang? menurut hemat saya jika pembuatan str pertama kali berarti NO. STR mba tri belum ada dan no STR itu akan terdaftar di MTKI jika telah selesai pembuatan STR dan sepertinya akan sulit untuk dilakukan pendaftaran kartu NIRA, untuk lebih pastinya mba tri bisa menghubungi cabang PPNI di kotanya mba sri untuk lebih jelasnya lagi, semoga membantu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *